• Beranda
  • otonomi
  • Pengusiran Dinilai Tak Sesuai Prosedur, Ratusan Eks Karyawan PT SJI Tetap Bertahan

Pengusiran Dinilai Tak Sesuai Prosedur, Ratusan Eks Karyawan PT SJI Tetap Bertahan

Sabtu,01 Oktober 2011 | 02:29:00 WIB Dibaca: 1039 kali
Pengusiran Dinilai Tak Sesuai Prosedur, Ratusan Eks Karyawan PT SJI Tetap Bertahan
Ket Foto :

Pasirpangaraian,utusanriau.com- Pengusiran Ratusan eks karyawan PT.Sumber Jaya Indahnusa Coy (SJI) bertempat di Kota Lama Kecamatan Kuntodarussalam Kabupaten Rokan Hulu yang masih bertahan di mess perusahaan karena belum ada kejelasan atas hak-hak mereka pasca PHK beberapa bulan lalu. Eks karyawan tidak terima bahkan, pengusiran dinilai tidak sesuai prosedur dan melanggar undang-undang.

Demikian dikatakan Ketua Serikat Pekerja kebun Mandiri (SPKM) Kota Lama, Irwansyah Hasibuan kepada utusanriau.com Sabtu (1/10) melalui selularnya. Menurutnya, pengusiran yang dilakukan oleh 7 orang keamanan dari pihak perusahaan pada Jumat (30/9/11) sekitar pukul 15.00 Wib kemarin, sudah melanggar undang-undang seharus ada surat dari pihak perangkat desa setempat maupun pihak perusahaan.

"Pihak keamanan perusahaan hanya melakukan pengusiran sepihak, tanpa adanya surat dari perangkat desa dan perusahaan, ini sudah melanggar undang-undang. Selaku kemanan perusahaan mereka bertugas hanya menjaga aset perusahaan bukan melakukan pengusiran. Atas kejadian ini, Pihak kepolisian juga baru mengetahui adanya pengusiran karena saya laporkan melalui telefon, yang langsung datang, sehingga eks karyawan tidak jadi di usir."jelas Irwansyah Hasibuan.

Dari pengakuan Surbakti selaku Manager PT SJI Coy saat di mediasi oleh pihak kepolisian lanjut Irwansyah, surbakti mengaku terganggu karena karyawan PT SJI Coy yang masih bekerja merasa ketakutan, karena eks karyawan sering mengadakan demo.

Lebih lanjut di terangkan Irwansyah Hasibuan, bahwa pasca pengusiran tersebut juga telah menyebabkan kesurakan salah satu TV milik Eks karyawan tersebut. Hingga saat ini ratusan eks karyawan masih tetap bertahan di mess milik perusahaan sambil menunggu kejelasan dan
penyelesaian dari pihak managemen perusahaan maupun pemerintah.

Penyelesaian tuntutan atas hak-hak ratusan eks karyawan saat ini masih dalam proses persidangan di Pengadilan Hubungan Industri (PHI) Riau yang hingga saat ini belum di keluarkannya putusan bagi karyawan korban PHK tersebut.

"Sejauh ini belum ada kejelasan atas hak-hak karyawan korban PHK dari pihak perusahaan maupun pemerintah. Pihak karyawan masih menunggu keputusan. Karena selama ini pihak Disnaker hanya mengeluarkan anjuran dan tidak ada mediasi. Seharusnya Pemda dan pihak perusahaan turun langsung menyelesaikan masalah ini agar nantinya tidak berlarut-larut," harap Irwansyah Hasibuan.

Sementara itu, Manager PT SJI Coy, Surbakti yang di coba di hubungi utusanriau.com melalui celularnya tidak mengangkat, bahkan melalui pesan singkat (SMS) juga tidak diindahkan oleh Surbakti. **

  (hasran/hasran/ foto eks karyawan saat bertemu DPRD Rohul)

Baca Berita Terkait

Berita Lainnya

APA KOMENTAR ANDA...???
comments powered by Disqus
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.